Workshop Modem AMR Mewujudkan Smart Grid Masa Depan

Surabaya (23/07/2024) -- PLN Icon Plus mengadakan workshop modem AMR yang dihadiri oleh para pabrikan meter, yaitu PT Edmi Indonesia, PT Citra Sanxing Indonesia, PT Hexing Technology, dan PT Otho Metronik Indonesia. Acara ini diselenggarakan di Gedung Graha Pena, Surabaya pada Selasa, 23 Juli 2024, dan dihadiri oleh seluruh PIC teknisi dari PLN UP3 di Jawa Timur. Selain itu, hadir juga Senior Manager PLN Icon Plus SBU Regional Jawa Timur, Rory Aditya, Manager PLN Seat Management, Michael, serta Manager Pemasaran dan Penjualan Jatim, Paisal Rahmat.

Dalam workshop tersebut, pria yang akrab disapa Rory mengatakan bahwa PLN Icon Plus berperan sebagai sebuah marketplace untuk produk kWh meter dari berbagai pabrikan seperti Otho, Hexing, Sanxing, dan lainnya. Pengguna memiliki kebebasan untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka, dan PLN Icon Plus akan bekerja sama dengan pabrikan untuk memenuhi permintaan tersebut. Rory juga menyoroti pentingnya dukungan dari pabrikan agar proses pengiriman material dapat lebih cepat dari yang telah disepakati.

"Kegiatan ini diadakan karena adanya kendala pada salah satu merek modem di UP3. Semoga melalui pertemuan ini, semua kendala terkait berbagai merek modem dapat teratasi sehingga penggunaan modem di Jawa Timur dapat diakomodasi dengan baik," ujarnya. Manager PLN Seat Management, Michael, menambahkan, "Kami berharap dapat menawarkan berbagai produk meter kepada PLN tanpa berpihak pada merek tertentu. PLN sebagai pengguna akan memilih produk sesuai kebutuhan. Kami juga berkomitmen untuk memastikan pengiriman produk tepat waktu, bahkan lebih cepat dari kesepakatan."

Di sisi lain, Ari Rahmat Indra Cahyadi Direktur Utama PLN Icon Plus, mengatakan bahwa PLN Icon Plus sedang mengembangkan bisnis internet dan konektivitas di seluruh kantor-kantor PLN serta menyediakan layanan terintegrasi yang mencakup perubahan signifikan dalam pengukuran penggunaan energi listrik. Salah satu inisiatif utamanya adalah pengembangan modem AMR (Automatic Meter Reading) yang berguna untuk pembacaan dan pencatatan data penggunaan listrik secara otomatis dari jarak jauh hingga dapat mengidentifikasi masalah teknis.

Narahubung
Rory Aditya
Senior manager 
PLN Icon Plus
SBU Regional Jawa Timur